Hampir beberapa bulan ini di media sosial, marak dengan berita kekerasan pada perempuan dan anak. Dua makhluk Allah yang lemah dan tak berdaya, sungguh miris keadaannya, luka penuh lembab seorang istri akibat kekerasan dalam rumah tangga, bayi diperjual belikan, bahkan nyawa seorang anak kecil, kini seakan tak berharga. Kemana harus mengadu?
Kadang rasa malu membungkamkan seorang perempuan untuk keluar dari lingkaran derita rumah tangga. Siapakah yang bisa membantu?
Tingginya kasus perempuan dan anak memerlukan komunitas khusus Perempuan, untuk saling menolong dengan kesamaan cara pandang.
Alhamdullilah,saya dan sesama Blogger di undang untuk hadir dalam sosialisasi Serempak.[Senin, 29/6]
Bertempat di ruang rapat 3 Nyi Ahmad Dahlan, gedung Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jalan Merdeka Barat no 15 Jakarta 10110.
Bertempat di ruang rapat 3 Nyi Ahmad Dahlan, gedung Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jalan Merdeka Barat no 15 Jakarta 10110.
Acara dimulai jam 09.55 WIB. Pokja Serempak diresmikan oleh Bapak Wahyu Hartono, Sekretaris KPPA
Apa itu Serempak?
Serempak adalah portal milik Perempuan Indonesia. Sejarah portal Serempak berasal dari Yayasan Air Putih berimigrasi ke KPPPA. Pokja Serempak di koordinasikan oelh Ibu Dra. Martha Simanjuntak. Serempak di fasilitasikan milik dan oleh masyarakat.
Peluang tehnologi ini menghadirkan Portal milik perempuan Indonesia Serempak.or.id . Portal serempak merupakan wadah untuk saling berbagi informasi, inspirasi san komunikasi antar perempuan Indonesia. Diharapkan masyarakat menjadikan tehnologi informasi sebagai nilai tambah dalam kehidupan sumber peradaban baru dan terbantu dalam komunikasi. Hasil pokja serempak ditunggu masyarakat agar mampu kreatif dan inovatif dalam tehnologi yang baru di KPPA khususnya dalam mengangkat derajat perempuan dan anak.
Dengan serempak bisa menjadi suatu wadah komunitas yang mempunyai persamaan cara pandang. #Maju bersama serempak.
Acara Serempak, kesempatan kali ini, ada dua session. Knowledge update session pertama oleh Bapak Robert AB, Dosen Binus dan session ke dua, Mbak Ani Berta, seorang Blogger yang sudah cukup terkenal.
Bapak Robert AB |
What is Digital Marketing?
Pertanyaan pertama dari Bapak Robert AB.
" Kalo nggak tau, mangut mangut aja ya, Bu, biar tampak kekiniannya"...hehehe. Membuat tersenyum mendengar kalimat itu.
Sejarah internet dimulai di era 90-an. Internet marketing, bukan untuk berdagang tetapi untuk militer.
Internet masa kini, sosial media sudah bukan hal baru lagi seperti dulu.
Sosial media sudah menjadi gaya hidup. Bangun pagi, sudah update status, apa saja jadi status...*Hihihi, eikeh banget. Bahkan sosmed menjadi teman ke dua, seorang bisa menjadi dua pribadi. Sosmed bisa pula menunjukkan habit seseorang.
Meluang internet yang begitu besar, masyarakat harus melek digital termasuk dalam perdagangandan penyedia jasa.
Dibandingkan dengan tradisonal marketing, digital marketing lebih maju dan untung.
Hasil survey menunjukkan, penguna internet 88,1 juta terbesar di Jawa Bali sebesar 52% pemakai terbesar adalah Pekerja 55%, Mahasiswa 18% , Ibu Rumah Tangga 16%, pelajar 5% dan tidak bekerja 5%
Di session ini, Bapak Robert AB, mengajarkan perbedaan Digital Shopping dengan Traditional Shopping.
Dalam Digital Shopping hanya melibatkan dua perasa, yaitu penglihatan dan pendengaran, sementara pada traditional shopping melibatkan semua panca indera, bertemu langsung konsumen.
Dalam Digital Shopping,lebih memiliki keunggulan, konsumen megetahui produk lengkap dengan informasi. Cara membeli tidak perlu memngeluarkan ongkos dan berdandan, cukup klik di depan laptop, bayar barang siap antar.
Produk yang diminati adalah gadget sebesar 51% dan busana sebesar 35%.
Melihat peluang digital, kini banyak penjual memadukan toko offline dengan toko online.
Kunci sukses toko onnline dan offline adalah keduanya harus memiliki kesama konsep, satu suara, gambarnya tidak jauh berbeda (Similiarity of Product Experience), harga harus konsisten.
Bagaimana dengan Brand?
Brand harus punya nama dan bentuk(fisik)
Brand akan dikenal dan selalu terulang dalam otak konsumen jika mempunyai logo bernama dan warna yang konsisten.
Aihhh...ternyata tidak mudah mencapai peringkat 3 teratas/Top Brand.
Menurut Bapak Robert Abe, Jangan mencampur Branding, harus konsinten dan intensif pada satu Branding.
Kata pujangga, "Apalah arti sebuah nama"
Dalam dunia bisnis, itu tak berlaku...Iyalah, itu pujangga tidak sekolah bisnis.
"Brand is everything"
Nama itu penting, pilih nama yang tidak berlebihan, nama yang biasa namun khas.
contoh, Ayam lepas...nama nya luar biasa, tetapi setelah merasakan masakannya, biasa saja. Konsumen akan datang pertama dan terakhir.
What Capabilitas?
- Menguasai (capability) diri, dibangun dari essense blogger, interaksi yang aktif antara pembaca
- Tehologi. Share postingan ke media sosial yang ada.
- Marketing. Bisa memasarkan produk tulisan.
- Integrasion
Session pertama Bapak Robert AB sungguh menarik dan tak membosan, sejam lagi juga tetap antusias untuk mengikutinya.
Mbak Ani Berta, Koordinator Kemitraan Serempak |
Session ke dua disampaikan oleh Mbak Ani Berta, selaku koordinator Kemitraan Serempak,
Di latar belakangi era tehnologi diginal, kebutuhan informasi meningkat, setiap perusahaan perlu informasi dan publikasi kegiatan serta potensi sangat tinggi.
Maka, cara mudah dan cepat untuk menyebar luaskan berita dan mudah di akses oleh masyarakat dimanapun berada. Hadirnya portal Serempak, diharapkan masyakat dapat berpartisipasi menjadi kontributor konten di website Serempak.or.id
Diharapkan artikel yang ditulis berupa berita atau opini merupakan perpanjangan masyarakat terkait dengan issu perempuan dan anak.
Mbak Ani Berta mengatakan peluang menjadi penulis sangat besar. Kunci utama adalah percaya diri.
Langkah menjadi kontributor website:
- Tentukan tujuan, apakah untuk berpenghasilan atau sukarela.
- Kenali website/portal yang diminati.
- Ajukan proposal penawaran
- Awali dengan mengisi konten gratisan sebagai fortopedia.
- Manfaatkan canal citizen jurnalisme si media mainstream
- Promosikan hasil tulisan di sosial media agar banyak yang mendapatkan manfaatnya
Maju Bersama Serempak |
Acara di akhiri dengan pengumuman live tweet compettion @Serempak_ID #Serempak.
Alhamdulillah, Senin ini, diberikan ilmu yang bermanfaat dan menemukan wadah komunitas perempuan untuk saling berbagi informasi.
Blogger Perempuan #Maju bersama Serempak |
Yuuuk!!! serempaaak buat Indonesia Lebih Baik :)
ReplyDeletemelalui tulisan :)
hayukkkk, adik manis.
Deletemari menulis utk perempuan Indonesia
seru dong ya acaranya,kereennn... ketemu sama teh ani berta pula,heee.. salam kenal mba een,sepertinya ini kunjungan pertama saya :)
ReplyDeletesalamkenal juga mbak aira.makasih sudah berkunjung
DeleteEen, bunda nih lagi bingung cari-cari infrmasi tentang apa sih yang disebut SEREMPAK itu? Lho, nyampenya ke blog Een, ya, tapi teuteup belum nangkep apa itu SEREMPAK. Yowis, bunda googlng lagi deh untuk melengkapin biar puas hati bunda, hehe...Een, ternyata udah lama ya, jadi member SEREMPAK ini. Keren euy.
ReplyDeletehai bunda Yati sayang, iya ini acara pertama kali diluncurkan portal serempak tahun lalu. Kalau mau lengkap tentang seputar perempuan dan anak bisa langsung ke portalnya.
Delete